Dampak Cucumis sativus Bagi Penderita hipertensi


DAMPAK Cucumis sativus BAGI PENDERITA Hipertensi

A. Latar Belakang
Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa hipertensi adalah suatu gangguan pada sistem peredaran darah yang sering terdapat pada usia pertengahan atau lebih, yang ditandai dengan tekanan darah lebih dari normal. Sebagian orang berpendapat bahwa buah Cucumis sativus dapat membantu menurunkan hipertensi karena memiliki kandungan air yang tinggi. Oleh karena itu, berdasarkan penjelasan diatas penulis dengan makalah yang berjudul “Dampak Cucumis sativus bagi  penderita hipertensi” ingin membuktikan bahwa Cucumis sativus dapat berdampak positif bagi penderita hipertensi.
B.  Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah dampak Cucumis satisvus bagi penderita hipertensi ?
C.   Tinjauan Pustaka
a.   Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah sebuah kondisi medis saat seseorang mengalami peningkatan tekanan darah atas normal yaitu melebihi 140/90 mmHg. Tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg dinyatakan sebagai normal.
b.   Cucumis satisvus
Mentimun (Cucumis Sativus) adalah tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan. Buah Cucumis sativus dipercaya mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fospor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Kandungan zat gizi yang terdapat pada mentimun per 100 gram berat badan adalah energi 12 kalori, protein 0.7 gr, lemak 0.1 gr, karbohidrat 2.7 gr, kalsium 10 mg, fospor 21 mg, besi 0.3 mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8.0 mg dan vitamin B1 0.3 mg. Selain itu Cucumis satisvus juga mengandung mineral potassium, magnesium dan fospor yang dapat mengobati hipertensi dengan kandungan air yang tinggi yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah/hipertensi.
D. Hipotesis
Cucumis satisvus dapat berdampak positif bagi penderita hipertensi.
E.   Eksperimen
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas Cucumis sativus untuk mengurangi hipertinsi. Dalam populasi penelitian adalah orang-orang yang menderita hipertensi, sekitar 20 orang, sampel beberapa orang yang menderita hipertensi di desa Brenggolo. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pra rancangan pre-post test satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Perhitungan dilakukan pre test dan pos dan kemudian diambil nilai rata-rata dan defiasinya standar.
Dari penelitian ini, penurunan hipertensi dengan tingkat signifikan 0,000 pasien hipertensi dengan satu derajat total sebanyak 100% atau 20 responden pendrita hipertensi. termasuk pra-hipertensi adalah sebanyak 12 responden (60%), dan sebagian kecil responden yang termasuk hipertensi tingkat pertama ada tiga responden (15%) dan ada responden yang termasuk lima responden normal (25%).
F.   Kesimpulan
Dari uraian eksperimen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa timun atau Cucumis satisvus berdampak positif bagi penderita hipertensi karena efektif untuk menurunkan hipertensi.
G.   Daftar Pustaka
http//Hipertensi-mentimun/atasi-hipertensi-dengan-timun.htm
http//Hipertensi-mentimun/2060664-efektifitas-mentimun-terhadap-penderita-hipertensi.html

Komentar

Postingan Populer