SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA (KELAS XI SMA)

 BAGIAN I. IDENTITAS DAN INFORMASI MENGENAI MODUL

Kode Modul Ajar

BIO.01

Nama Penyusun/Institusi/Tahun

 NURFITRI RAMDHANI/SMAN 4 MAKASSAR/2022

Jenjang Sekolah

Sekolah Menengah Atas (SMA)

Fase/Kelas

F / XI (SEBELAS)

Alokasi waktu (menit)

 15 x 45 menit

Jumlah Pertemuan (JP)

5 JP x 3 Pertemuan

Domain

 SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Materi Ajar

11.1.         Mengidentifikasi zat makanan serta fungsinya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

11.2.         Organ dan kelenjar yang menyusun system pencernaan pada manusia serta fungsinya.

11.3.         Gangguan atau kelainan system pencernaan pada manusia dalam kehidupan sehari-hari termasuk berbagai teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

Kata Kunci

  Sistem pencernaan makanan pada manusia

Pengetahuan/Keterampilan  Prasyarat

-       Sebagai prasyarat pengetahuan mempelajari materi ini, Murid telah memahami tentang struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan, zat makanan dan gangguan atau kelainan pada system pencernaan

Profil Pelajar Pancasila

-       Berpikir Kritis, mengidentifkasi kandungan zat makanan dalam tubuh manusia, mengurutkan organ pencernaan pada manusia dan mencasi solusi untuk mencegah kelainan dan gangguan pada system pencernaan makanan pada manusia

-       Kreatif dalam membuat mind mapping, hasil praktikum dan kampanye berupa artikel / video mengenai solusi untuk mencegah kelainan dan gangguan pada system pencernaan makanan pada manusia.

-       Gotong-royong dengan berkolaborasi bersama teman sekelompok untuk menyelesaiakan tugas kelompok yang diberikan. 

-       Mandiri dalam melakukan studi literature dari berbagai sumber

Sarana Prasarana

·     Komputer/Laptop

·     LCD Proyektor

·     Kertas karton

·     Vlab

·     Liveworksheets

·      Papan tulis

·      Spidol

·      Spidol Berwarna

·      Alat praktikum sederhana

Target Siswa

Regular/tipikal

Jumlah Siswa

35 siswa

Ketersediaan Materi

·     Pengayaan untuk siswa berpencapaian tinggi : Ya / Tidak

·     Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas untuk siswa yang sulit memahami konsep : Ya/ Tidak

Moda Pembelajaran

  Tatap Muka (TM)

Medel Pembelajaran

 Active Learning, Kolaboratif (STAD) Student Team Achievement Divisions, Discovery Learning, Praktikum

Materi ajar, alat, dan bahan

 Materi ajar:

·    Lembar Kerja Siswa

·    Lembar Asesmen

·    Buku teks pelajaran

 Pendekatan :

·       Saintific

 

Kegiatan pembelajaran utama

 Pengaturan siswa:

·     Individu

·     Berkelompok

   Metode:

·       Pengamatan

·       Diskusi Kelompok

·       Mind mapping

Asesmen

·     Asesmen Individu   : Tertulis

·     Asemen kelompok  : Performa dalam presentasi hasil

Persiapan Pembelajaran

 Waktu 1- 1,5 jam

·     Membaca materi pembelajaran

·     Menyiapkan dan mencoba LKS/Lembar Asesmen

·     Menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran

 

Gambaran Umum Modul:

 

Rasionalisasi

Penyusunan modul ini dilakukan dengan cara menyesuaikan alokasi waktu dengan topik dan tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, alokasi waktu dibagi menjadi 5 JP x 3 pertemuan.  Untuk setiap pertemuan disusun rencana kegiatan pembelajaran yang memuat aktivitas siswa beserta asesmennya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning . Model pembelajaran Active Learning, Kolaboratif (STAD) Student Team Achievement Divisions, Discovery Learning , Praktikum dipilih berdasarkan karakteristik materi, tujuan pembelajaran dan rencana aktivitas siswa dalam pembelajaran.

 

Urutan Materi Pembelajaran

1.       Zat makanan serta fungsinya yang dibutuhkan oleh tubuh

2.       Organ dan kelenjar yang menyusun sistempencernaan pada manusia serta fungsinya

3.       Kelainan dan gangguan pada system pencernaan pada manusia  .

 

Rencana Asesmen

Asesmen dibagi menjadi dua, yaitu asesmen individu dan asesmen kelompok. Asesmen individu dilakukan secara tertulis, sedangkan asesmen kelompok secara observasi berdasarkan performa kelompok saat presentasi hasil pekerjaannya. Asesmen tertulis diberikan pada akhir pembelajaran modul.


PERTEMUAN PERTAMA

Topik             

Zat makanan serta fungsinya yang dibutuhkan oleh tubuh

Tujuan Pembelajaran

11.1.     Mengidentifikasi zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

11.2.     Menguraikan kandungan zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia

11.3.     Menjelaskan fungsi zat makanan bagi tubuh manusia

Pemahaman Bermakna

Siswa dapat mengidentifikasi zat makanan, kandungan dan fungsi zat makanan bagi tubuh manusia

Pertanyaan Pemantik

-        Makanan apa saja yang biasanya kalian konsumsi?

-        Apa saja fungsi dari makanan yang kalian konsumsi?

Profil Pelajar Pancasila

-        Berpikir Kritis, dalam mengidentifkasi kandungan zat makanan dalam tubuh manusia.

-        Kreatif dalam membuat hasil praktikum .

-        Gotong-royong dengan berkolaborasi bersama teman sekelompok untuk menyelesaiakan tugas terkait materi zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

-        Mandiri dalam melakukan studi literature tentang zat makanan yang dibutuhkan tubuh manusia

Sarana dan Prasarana

-        Leptop                                     - Handphone

-        Proyektor                               - Bahan praktikum (makanan, betadine)

-        Papan Tulis                            - Alat praktikum (mangkuk tempat uji makanan)

-        Spidol                                       - Vlab

Model Pembelajaran

 Active Learning, Praktikum

Asesmen

 Formatif (Pengamatan antusiasme peserta didik secara individu dan kelompok) & Sumatif (Soal tes  

 pilihan ganda dan uraian)

Target Peserta Didik

·     Pelajar regular/tipikal (umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar)

·     Pelajar dengan pencapaian tinggi (mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan memiliki keterampilan memimpin.

 

  URUTAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE-1     

A.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

-             Guru membuka pembelajaran, berdoa dan mengecek kehadiran siswa

-         Melakukan apersepsi dengan memperlihatkan makanan kepada peserta didik.

-         Guru memberikan pertanyaan pemantik Makanan apa saja yang biasanya kalian konsumsi?, Apa saja fungsi dari makanan yang dicernah oleh tubuh manusia?”

-         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.    Kegiatan Inti (70 menit)

-             Siswa dibagi menjadi beberapa kelompk (4-8 kelompok)

-             Guru menyiapkan alat dan bahan praktikum

-             Guru membagi Lembar Kerja kepada setiap kelompok

-             Guru menjelaskan langkah kerja dan praktikum yang akan dilakukan oleh siswa

-             Perwakilan kelompok mengambil alat dan bahan praktikum

-             Setiap kelompok melakukan pengamatan  terhadap makanan yang telah disediakan serta melakukan praktikum uji amilum, protein, lemak dan uji kandungan vitamin c

https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/LabMaya/Play/44b3c153-0e9a-4da3-bb79-ac841dcc7f1f

-             Siswa melakukan diskusi dengan anggota kelompok untuk menyelesaikan lembar kerja berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan

-             Siswa menuangkan hasil pengamatan pada lembar kerja yang telah disediakan

-             Setiap kelompok mempersentasikan hasil pengamatan yang dilakukan

-             Kelompok lain bertugas memberi tanggapan terhadap presentasi yang telah disampaikan oleh kelompok yang bertugas.

-             Peserta didik membuat kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan dan kerja kelompok mengenai sistem pencernaan pada manusia.

-             Guru memberi penguatan terhadap kesimpulan yang telah dibuat oleh peserta didik

C.     Kegiatan Penutup (10 menit)

-             Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pelajaran yang telah di lakukan

-             Guru meminta siswa untuk mengungkapkan perasaannya setelah melakukan pembelajaran

-             Guru menginformasikan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

-             Guru menutup pembelajaran dengan mengucap rasa syukur dan salam.


 MATERI AJAR

Pada dasarnya, semua makhluk hidup harus memenuhi kebutuhan energinya dengan cara mengkonsumsi makanan. Makanan tersebut kemudian diuraikan dalam sistem pencernaan. Zat makanan dapat dikelompokkan menurut jumlah yang dibutuhkan oleh makhluk hidup yaitu zat makanan makro dan zat makanan mikro. Zat makanan makro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar, antara lain berupa karbohidrat, protein, lemak, dan air. Zat makanan mikro, yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, antara lain berupa vitamin dan mineral.

 

Gambar 1.1 Menu Zat Makanan

https//images.app,goo.gl/gUEcL5GeuQqkEyYe

Makanan yang kita makan harus dicerna atau dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil atau sederhana agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Makanan mempunyai berbagai fungsi, antara lain: 1. Pertumbuhan dan perkembangan tubuh. 2. Pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh yang telah rusakatau tua. 3. Pengaturan metabolisme tubuh. 4. Penjaga keseimbangan cairan tubuh. 5. Pertahanan tubuh terhadap penyakit. 6. Penghasil energi.

Zat-zat Makanan                                                                             

1.     KARBOHIDRAT

Apakah Anda setiap hari makan nasi? Nasi meupakan salah satu makanan pokok yang banyak mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi paling utama.

Gambar 1.2 Zat Makanan yang Mengandung Karbohidrat

https://bit.ly/3UAhOl7

Karbohidrat dibagi menjaditiga macam, yaitu:

a.    Monosakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul paling sederhana, molekul gugus gula yang termasuk monosakarida yaitu glukosa, fruktosa dan galaktosa. Ketiga macam monosakarida tersebut banyak terdapat pada buah-buahan. Monosakarida adalah hasil akhir pemecahan dari karbohidrat yang lebih kompleks susunan molekulnya.

b.    Disakarida terdiri atas dua molekul monosakarida, contoh disakarida adalah sukrosa, maltose dan laktosa. Sukrosa banyak terdapat dalam gula pasir yang dikonsumsi, adapun maltose terdapat di dalam biji-bijian. Laktosa adalah karbohidrat yang terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari hewan misalnya air susu.

c.    Polisakarida merupakan karbohidrat yang memiliki susunan molekul yang kompleks. Contoh polisakarida adalah pati, glikogen dan selulosa. Pati banhyak terdapat di dalam umbi-umbian, glikogen banyak terdapat dalam otot dan hati hewan, sedangkan selulosa banyak terdapat di bagian serat tumbuhan.

 

2.     PROTEIN

Protein Protein adalah zat makanan yang mengandung unsur karbon (C), hydrogen (H), oksigen (O) dan nitrogen (N). Protein memiliki fungsi sebagai berikut: a.

a.    Sumber energi

b.    Sebagai zat pembangan dalam tubuh

c.    Berperan dalam sistesis zat=zat penting tubuh seperti hormone dan enzim

d.    Perbaikan dan pemeliharaan jaringan tubuh

Gambar 1.3. Zat Makanan yang Mengandung Protein

https://bit.ly/3WDJSpy 

sebelum diserap oleh tubuh, protein harus diubah dahulu menjadi asam amino. Asam amino dibagi menjadi dua macam yaitu asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat disintesis atau dibentuk oleh tubuh, jadi diperoleh melalui makanan. Sedangkan asam amino nonesensial yaitu asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh. Bahan makanan yang banyak mengandung protein dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang diperoleh dari hewan, seperti daging, telur dan ikan. Adapun protein nabati adalah protein yang diperoleh dari tumbuhan seperti kacangkacangan

 

3.     LEMAK

Lemak sering disebut lipid dan tersusun atas unsur C, H dan O. Di dalam satu molekul lemak terdapat satu molekul gliserol dan tiga molekul asam lemak. Asam lemak debadakan menjadi dua yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenuh banyak terdapat pada daging, keju, susu dan mentega. Sedangkan asam lemmak tak jenuh banyak terdapat pada minyak kedelai, minyak kelapa, ikan dan minyak goring.

 

Gambar 1.4 Zat Makanan yang Mengandung Lemak

https://bit.ly/3NE9jDl 

Fungsi lemak bagi tubuh adalah:

a.    Marupakan sumber energy

b.    Sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K

c.    Sebagai pelindung organ-organ tubuh

d.    Pembangun bagian sel

e.    Sebagai makanan cadangan

Lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Oleh karena itu lemak akan lebih lama tinggal di lambung

 

4.     VITAMIN

Vitamin adalah zat organic yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Meskipun diperlukan dalam jumlah sedikit, vitamin memiliki peran sangat penting bagi tubuh seperti untuk kesehatan mata dan tulang. Semua jenis vitamin dapat dibagi menjadi dua golongan besar yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K). Untuk lebih memahami jenis vitamin dan fungsunya, perhatikan table berikut.



5.     MINERAL

Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang relative sedikit. Sumber mineral dapat berasal dari tumbuhan maupun hewan. Fungsi mineral bagi tubuh Antara lain: a. Bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang, gigi, rambut, kuku, kulit dan sel darah merah. b. Sebagai bahan pengatur, misalnya keseimbangan keasaman cairan tubuh, proses penggumpalan darah dan membantu proses metabolisme dalam tubuh. Untuk lebih memahami tentang macam-macam mineral dan fungsinya, perhatikan table di bawah ini.

 

 

Komentar

Postingan Populer